Minggu, 09 September 2012

Sudah Benarkah Sit Up Anda?




ANDA yang mengalami masalah perut biasanya berkutat dengan sit up. Namun sudah rajin sit up, perut tak kunjung langsing. Anda jenuh dan tak percaya lagi dengan khasiat sit up. Eit, jangan terburu-buru menyerah. Mungkin ada yang salah dengan teknik Anda.

Sit up merupakan sebuah gerakan latihan otot perut. Tubuh dibaringkan di lantai atau matras. Lipat kedua kaki dan menjejak ke lantai. Punggung kemudian ditarik ke depan hingga menyentuh lutut. Gerakan itu dilakukan selama beberapa set dengan nafas yang teratur.

Belakangan, sit up dilakukan dengan beberapa variasi. Baik kaki yang diluruskan dan menempel ke lantai, ditempelkan ke tembok, menggunakan bantuan fit-ball, atau digantung di udara. Pada dasarnya manfaatnya sama. Namun tingkat kesulitan yang berbeda akan memahat perut dari sisi yang tak melulu sama.

Melatih otot-otot perut sangatlah penting. Selain agar perut jadi lebih langsing, lemak-lemak yang menumpuk di sisi pinggang ikut terbakar. Sehingga, Anda terhindar dari kolesterol serta penyakit jantung.

Namun, beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat sit up:
1. Posisi belum pas dan sudah melakukan gerakan sit up.
2. Melakukan sit up terlalu cepat.
3. Melakukan banyak gerakan sit up dengan alasan supaya lebih cepat langsing.

Lalu, bagaimana sih sit up yang benar?

1. Sit up yang benar adalah menempatkan setiap bagian tubuh dengan posisi yang benar. Jika Anda merasa sudah siap dan nyaman, barulah sit up dimulai.

2. Lebih baik gunakan matras yang nyaman atau lakukan sit up di alat yang dianjurkan (seperti yang Anda jumpai di lokasi fitness)

3. Fokuskan pada pergerakan otot perut saja, bukan berapa banyak sit up yang Anda lakukan

4. Lakukan sit up dengan beberapa set yang sama selama beberapa waktu. Tak perlu terburu-buru menambah jumlah set. Namun lakukan saja secara rutin

5. Atur nafas dengan benar. Pada saat tubuh dalam posisi tidur, tarik nafas dalam-dalam. Hembuskan perlahan pada saat posisi bangun

Dengan latihan rutin dan gerakan yang benar, maka perut ideal idaman bukanlah impian lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar