Selasa, 04 September 2012

Menaikkan Berat Badan Anda

Seorang yang kurus dan sulit untuk menaikkan berat badan perlu membaca artikel ini. Kami sediakan lengkap untuk membantu anda mengerti apa yang harus mulai dilakukan agar berat badan anda mulai naik dengan konsisten.
Pengertian Menaikkan Berat BadanSeseorang yang menaikkan berat badan akan sangat disarankan untuk tidak melakukannya secara sembarangan. Contohnya seseorang melakukan secara sembarangan:
1. Makan nasi banyak sekali menggunung
2. Olahraga jogging beberapa jam
3. Push up setiap hari hingga ratusan kali
4. Tidur banyak sekali
5. Lain-lainnya cara ekstrim yang dilakukan
Mengapa kok hal-hal diatas disebut sebagai sembarangan? Kami akan bahas lebih lanjut dibawah.
Jika seseorang melakukan usaha secara sembarangan, dia akan menemui jalan buntu dalam usaha menaikkan berat badan sampai-sampai terbersit bahwa dia memang sudah pasti akan kurus selamanya. Hal lain yang bisa terjadi adalah ketika berat badannya mulai naik, ternyata tubuhnya masih tetap kurus tetapi perutnya saja yang menggelembung berlemak hingga kelihatan aneh proporsi tubuhnya. Hal ini tidak sedikit terjadi karena ada banyak orang yang menceritakan keanehan yang terjadi pada dirinya.
MakananJika anda berpikir bahwa makanan yang anda makan selama ini sudah sangat banyak tetapi tidak juga berat badan anda naik, tentu saja bagian ini penting. Karena banyak orang yang masih berpikir bahwa makan banyak bisa menaikkan berat badan secara otomatis.
Itu salah besar! Apa yang anda makan itu yang menentukan berat badan anda. Pada umumnya orang Indonesia berupaya menaikkan berat dengan makan nasi sebanyak-banyaknya. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar.
Tubuh manusia membutuhkan protein dan karbohidrat, karena itu nasi bisa menjadi sumber karbohidrat yang bagus, tapi tentu perlu juga sumber proteinnya. Konsumsi daging, telur, atau whey sebagai sumber protein anda.
Protein
Sumber protein dari makanan anda adalah daging-dagingan, putih telur, kacang-kacangan, tempe, tahu, susu dan banyak lainnya. Protein ketika anda makan akan dicerna dan dipecah menjadi asam amino yang kemudian dikirimkan ke bagian otot anda sebagai bahan pembentuk otot. Tentu saja ketika berat badan anda naik, yang bertambah adalah otot/daging anda, bukan lemak. Baik anda wanita maupun pria pasti akan lebih menginginkan tubuh anda cukup berisi tapi tidak menggelambir bukan?
Karbohidrat
Anda bisa memperoleh karbohidrat dari nasi, roti, mie atau juga berbagai jenis sereal. Disini umumnya disebut dengan makanan pokok. Jagung dan sagu juga merupakan sumber karbohidrat.
Karbohidrat penting karena merupakan sumber energi anda. Seorang yang kurus umumnya memiliki metabolisme tubuh yang tinggi. Maksudnya pembakaran energi ditubuh sangat banyak sehingga nutrisi yang masuk akan banyak yang dibakar menjadi energi. Karena itu konsumsi karbohidrat akan menjadi benteng agar bukan protein yang anda konsumsi yang dibakar, melainkan karbohidrat.
Mikro nutrisiKetika anda berbicara mengenai mikro mungkin itu berarti sesuatu yang sedikit dan kecil, serta tidak berarti. Misalnya vitamin atau mineral. Keduanya memang merupakan mikronutrisi yang sering diremehkan, padahal walaupun tubuh hanya memerlukan sedikit, tetapi keberadaan mikronutrisi sangat dibutuhkan untuk membentuk tubuh yang ideal. Dua makronutrisi diatas, yaitu protein dan karbohidrat, bisa diandaikan seperti bahan bangunan. Sementara mikronutrisi yang ada merupakan zat yang berlaku seperti tukang bangunannya. Karena itu anda membutuhkan baik bahan bangunan maupun tukang bangunannya untuk mulai membangun tubuh anda menjadi lebih besar.
Anda bisa memperoleh mineral dari berbagai sumber seperti sayur-sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan.
Olahraga
Bukan sembarang olahraga bisa membantu anda menaikkan berat badan. Karena olahraga sendiri tidak sesederhana pepatah bahwa olahraga membuat tubuh anda sehat. Bukan!
Olahraga sendiri terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu jenis kardio dan jenis beban.
Kardio
Olahraga kardio umumnya meningkatkan detak jantung dengan cepat dan meningkatkan metabolisme tubuh dengan cepat pula. Beberapa diantara olahraga ini adalah lari, jogging, dan olahraga umum seperti basket, badminton serta futsal.
Seorang yang kurus tentunya tidak perlu untuk menaikkan metabolisme tubuhnya lagi karena bahkan dalam kondisi biasapun metabolismenya sudah cukup tinggi. Bukan berarti olahraga kardio tidak boleh dilakukan oleh seorang yang kurus. Tetapi olahraga ini sebaiknya dibatasi dalam batas kewajaran cukup beberapa kali seminggu.
Beban
Olahraga beban maksudnya adalah jenis yang memberikan beban berat pada otot dan tidak serta-merta menaikkan detak jantung dengan cepat. Target dari olahraga ini adalah untuk mendesak otot kecil seorang yang kurus untuk mulai membesar. Beban berat bisa membuat otot yang selama ini tidak pernah mendapat beban akan mulai beradaptasi dengan cara membesar ototnya.
Ada berbagai jenis latihan angkat beban yang perlu dilakukan dan dikombinasikan dalam satu sesi. Bisa berupa bench press, pull down, atau military press.
Anda dapat melihat lebih detil mengenai program latihan angkat beban disini.
Istirahat
Istirahat memegang peranan penting dalam usaha menaikkan berat badan karena saat tidur itulah tubuh mulai melakukan perbaikan pada tubuh dan membangun otot. Waktu yang diperlukan umumnya antara 7-8 jam untuk istirahat. Dengan demikian setelah anda melakukan latihan beban, maka otot yang kelelahan mulai beristirahat dan nutrisi yang anda makan akan digunakan untuk membangun otot.
Suplemen
Terdapat berbagai jenis suplemen yang bisa digunakan, tetapi bagi seorang yang kurus ada satu yang sebaiknya digunakan, yaitu jenis Gainer. Suplemen jenis ini merupakan kombinasi dari nutrisi tinggi protein dan tinggi karbohidrat serta pada beberapa produk ditambahkan juga BCAA, Glutamin, Kreatin serta enzim yang dapat mempercepat penyerapan.
http://www.akubugar.com/index.php?option=com_content&view=article&id=568:menaikkan-berat-badan-anda&catid=40:latihan-olahraga&Itemid=28

Tidak ada komentar:

Posting Komentar